Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Tips Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca Dengan Cepat

Tips Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca Dengan Cepat

Daftar Isi

Kerusakan flashdisk tak terbaca akan mengakibatkan masalah yang cukup serius akan keberadaan data-data penting yang ada di dalamnya. Saat flashdisk yang kamu miliki tak terbaca, perlu kamu lakukan beberapa pengecekan baik secara fisik atau softwarenya. Kamu bisa coba cek dengan memperhatikan beberapa tanda kerusakan maupun prosedur pengecekan yang mudah seperti berikut ini.

Cara Memulihkan File atau Data

Sebelum kamu mulai memperbaiki flashdis tak terbaca atau rusak, sangat disarankan agar kamu mencadangkan semua data yang ada di flashdisk terlebih dahulu. Untuk bisa membuat flashdisk tak terbaca agar kembali berfungsi, satu-satunya cara untuk mengambil datanya adalah dengan menemukan beberapa software pemulihan file USB profesional untuk membantu.

Software yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file salah satunya dari EaseUS. Yang mana mendukung pemulihan data ketika terjadi permasalahan yang umum terjadi, seperti flashdisk rusak, menjadi RAW, terformat, atau bahkan seluruh data flashdisk telah dihapus. Kamu bisa unduh software unu secara gratis di Google. Coba ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengamankan data dari flashdisk tak terbaca.

Langkah 1. Gunakan Software untuk Memulihkan

Gunakan Software untuk Memulihkan di Flashdisk Tak Terbaca

Hubungkan flashdisk ke komputer atau laptopmu. Lalu, unduh dan instal software EaseUS pada komputer atau laptopmu. Pilih data pada penyimpanan eksternal, dan klik “Scan/Pindai” untuk mulai mencari data yang hilang.

Langkah 2. Pindai dan Cari File yang Hilang

Pindai dan Cari File yang Hilang

EaseUS Data Recovery Wizard akan memindai data pada flashdisk secara menyeluruh dan mengumpulkan semua datamu yang pernah hilang di dalamnya. Ketika proses scan selesai, gunakan fitur “Filter” untuk memilih data yang kamu inginkan.

Langkah 3. Kembalikan Semua File yang Hilang

Kembalikan Semua File yang Hilang pada Flashdisk Tak Terbaca

Klik dua kali agar kamu bisa melihat beberapa data atau file. Pilih data yang kamu ingin kembalikan dan klik “Recover/Pulihkan” untuk menyimpannya ke tempat yang aman di komputer atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.

Baca juga artikel tentang “HP Mati Total? Coba 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!“.

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Tak Terbaca

Setelah mendapatkan data dari flashdisk tak terbaca atau rusak, kamu bisa mulai untuk memperbaikinya dengan beberapa cara di bawah ini. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.

Cara ke 1. Memperbaiki Logical Error

Memperbaiki Logical Error

Windows biasanya memiliki tools bawaan yang dapat mengatasi masalah pada flashdisk tak terbaca yang bisa kamu coba dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Hubungkan flashdisk ke sistem komputer atau laptopmu. Buka “Komputer Saya”.

Langkah 2. Klik kanan “Removable Disk” pada flashdisk tersebut, lalu pilih “Properties”.

Langkah 3. Di bawah menu “Tools”, klik “Check”. Kemudian akan mulai dilakukan proses pemindahan.

Langkah 4. Setelah selesai, jika ada kesalahan yang ditemukan, kamu bisa melanjutkan dengan wizard untuk memperbaikinya.

Langkah 5. Keluarkan flashdisk dengan perlahan. Lalu, coba hubungkan kembali, cek apakah flashdisk sudah dapat terbaca atau tidak.

Cara ke 2. Format Perangkat Flashdiskk yang Rusak di “Disk Management”

Format Perangkat Flashdiskk yang Rusak di "Disk Management"

Cara lain untuk memperbaiki flashdisk rusak atau tak terbaca agar berfungsi kembali adalah dengan memformatnya:

Langkah 1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka “Run”. Ketik: diskmgmt.msc dan tekan “Enter”.

Langkah 2. Pada “Disk Management”, pilih pada flashdisk tak terbaca, lalu periksa informasi disknya. Jika yang muncul adalah sistem file “RAW”, klik kanan dan pilih “Format”.

Langkah 3. Pilih sistem file seperti NTFS, FAT32 atau exFAT dan pilih tanda centang. Flashdisk akan segera terformat dengan cepat.

Cara ke 3. Hapus dan Buat Ruang Penyimpanan Baru pada Perangkat Flashdisk yang Rusak

Hapus dan Buat Ruang Penyimpanan Baru pada Perangkat Flashdisk yang Rusak

Cara-cara sebelumnya masih belum berhasil juga? Nah, kamu bisa coba lanjutkan dengan cara ketiga. Tool Disk Management akan membantu kamu untuk menghapus dan membuat tempat penyimpanan baru pada flashdisk yang rusak, dan mengembalikannya ke keadaan normal.

Langkah 1. Dalam “Disk Management” (buka seperti yang ada pada cara ke 2), pilih flashdisk yang rusak dan klik kanan padanya, pilih “Delete Volume”.

Langkah 2. Pilih setuju untuk menghapus ruang pada flashdisk dengan mengikuti panduan di layar.

Langkah 3. Setelah flashdisk sudah kosong dan menjadi ruang yang tidak terisi, klik kanan pada ruang yang tidak terisi dan pilih “New Simple Volume”.

Langkah 4. Kemudian, ganti nama penyimpanan, atur sistem file ke NTFS atau FAT32 pada flashdisk dan ikuti langkah-langkah di layar PC untuk membuat ruang penyimpanan baru pada flashdisk. Setelah itu kamu sudah bisa menggunakan flashdisk secara normal kembali.

Lakukan Cara Secara Berurutan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk tak terbaca sendiri di rumah. Tentunya beberapa langkah di atas harus dilakukan secara berurutan agar masalah pada flashdiskmu dapat segera terselesaikan. Agar flashdisk tidak mudah rusak, pastikan bahwa perangkat flashdisk yang kamu beli original dan bergaransi resmi. Kamu bisa pilih beberapa produk flashdisk berkualitas di Topsellbelanja.com.

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Promo Terkini!