Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

5 Fitur iPhone yang Tidak Dimiliki Android

5 Fitur iPhone yang Tidak Dimiliki Android

Daftar Isi

Banyak orang yang menganggap bahwa sistem yang ada pada Android merupakan sistem yang membawa lebih banyak fitur unggulan. Namun, hal tersebut tidak dapat sepenuhnya dibenarkan. Sebab, ada beberapa fitur unggul tertentu yang juga hanya tersedia pada sistem iOs. Jika kamu ingin beralih ke iPhone, penting untuk kamu tahu beberapa fitur bawaan iOs dan cara memanfaatkannya berikut ini.

1. AirPlay

AirPlay for iPhone

AirPlay adalah salah satu fitur terbesar yang masih belum ada pada sistem bawaan Android. Meskipun Google Play Store pada HP Android menyediakan beberapa aplikasi pihak ketiga untuk dengan fungsi yang hampir sama, namun hal tersebut masih belum bisa menyamai AirPlay pada iOs. Itulah mengapa banyak orang yang berharap agar sistem Google dapat menciptakan semacam kode atau membawa aplikasi bawaan yang serupa yang juga tersedia pada perangkat Android.

Kamu bisa menggunakan AirPlay ini untuk mengalirkan atau membagikan konten dari perangkat Applemu ke perangkat lai seperti Apple TV, smart TV yang kompatibel dengan AirPlay 2, atau ke MacBook. Kamu bisa menampilkan video, foto, atau semacam aplikasi yang dapat membantumu menampilkan apa yang ada pada layar HP iPhonemu pada perangkat lain.

Cara membagikan video dari iPhone, iPad, atau iPod touch ke perangkat smart TV:

  1. Hubungkan perangkatmu ke WiFi yang sama dengan Apple TV atau Smart TV.
  2. Pilih video yang ingin kamu bagikan.
  3. Pilih “AirPlay”. Pada beberapa aplikasi, kamu mungkin harus mengoperasikan AirPlay dengan cara lain. Seperti, di aplikasi Foto, kamu harus pilih “Share”, lalu pilih “AirPlay”.
  4. Temukan Apple TV atau Smart TV yang ingin kamu hubungkan dengan perangkat.
  5. Untuk menghentikan tampilan, pilih “AirPlay” pada aplikasi yang sedang kamu bagikan, lalu pilih perangkat tersebut dari daftar.

Baca juga tentang: “5 Rekomendasi TWS Murah Terbaik, Mulai 200 Ribuan Aja!“.

2. FaceTime

FaceTime

FaceTime adalah sebuah aplikasi panggilan video dari Apple yang tersedia di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Berkat fungsi dan kemudahannya saat digunakan, FaceTime ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna iPhone atau Apple. Untuk perangkat Android sebenarnya masih bisa merasakan bagaimana kegunaan dari FaceTime ini, namun harus ada teman atau perangkat iOs lain yang memulai panggilan video ini terlebih dahulu, lalu membagikan link kepada pengguna Android.

Sebenarnya, perangkat Android pun memiliki aplikasi bawaan yang hampir serupa, yakni Google Duo. Namun sayangnya, tak banyak pengguna Android menggunakan aplikasi tersebut dan memilih aplikasi pihak ketiga yang mereka unduh pada Google Play Store seperti Zoom Meetings. Saat menggunakan FaceTime, kamu hanya memerlukan nomor telepon atau alamat email terdaftar oleh pengguna lain yang ingin kamu ajak melakukan panggilan video.

Berikut adalah cara untuk menggunakan FaceTime:

  1. Buka aplikasi “FaceTime”, pilih “New FaceTime” dan ketik nomor telepon atau alamat email pengguna yang akan kamu ajak berbicara. Pilih nomor atau alamat yang tepat, lalu pilih tombol “Audio” atau “FaceTime”.
  2. Jika kamu memiliki nomor telepon atau alamat email pengguna lain yang sudah tersimpan di Kontak, kamu bisa langsung mengetikkan nama mereka dan memilih namanya saat nama itu muncul. Lalu pilih tombol “Audio” atau “FaceTime”.
  3. Kamu juga bisa memulai panggilan video FaceTime dari iPhone saat sedang melakukan panggilan telepon lain. Pilih tombol FaceTime di aplikasi Telepon untuk beralih ke FaceTime.

3. Drag and Drop

Drag and Drop

Drag and Drop adalah fitur yang telah dimiliki perangkat iOS selama beberapa tahun, tetapi dengan pembaruan softwarew iOS 15 baru-baru ini, Drag and Drop saat ini berfungsi lebih luas lagi. Hanya dengan sentuhan satu jari saja, amu dapat menyalin dan memindahkan sebuah konten atau multimedia dari satu aplikasi ke memindahkannya ke aplikasi lain untuk menyalin dan menempelkan konten tersebut dengan mudah dan cepat.

Namun, sebelum memindahkan konten atau media ini, pastikan bahwa perangkat yang akan kamu jadikan tempat menempelkan media juga mendukung fitur yang sama. Multimedia yang bisa kamu kirimkan ini bisa berupa teks, foto, video, audio, dan konten lainnya.

4. Offload Unused Apps for iPhone

Offload Unused Apps for iPhone

Offload unused apps adalah fitur bawaan milik iPhone yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat penyimpanan pada iPhonemu. Apple memberikan kemudahan pada pengguna iOS untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan dengan tetap menjaga file dan data pengguna tetap aman. Sehingga ruang penyimpananmu akan lebih lega tanpa harus mengorbankan foto, video, atau data penting yang kamu miliki hanya untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Sayangnya, pengguna Android masih belum memiliki akses atau fitur serupa sehingga membuat mereka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengosongkan ruang dengan cepat di perangkat Android miliknya.

Baca artikel tentang “5 Tips Hemat Kuota Internet Agar Lebih Awet“.

5. Cek Kesehatan Baterai

Cek Kesehatan Baterai

Beberapa tahun yang lalu, Apple mendapat masalah karena sengaja memperlambat iPhone-nya untuk mengimbangi penurunan daya baterai. Tak lama setelah banyak reaksi pengguna yang kurang setuju, akhirnya Apple memperkenalkan fitur baru yang membantu pengguna iOS agar dapat memeriksa kesehatan baterai perangkatnya dengan mudah.

Saat kesehatan baterai iPhonemu turun hingga di bawah 80%, iOS menyarankan agar kamu segera memperbaiki atau mengganti baterai iPhonemu. Kamu juga bisa melihat informasi tentang kesehatan baterai iPhone dan mempelajari bagaimana penggunaan iPhonemu setiap hari dapat memengaruhi tingkat baterai.

Berikut adalah cara cek kesehatan baterai pada iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Baterai.
  2. Pilih “Battery Health” atau “Kesehatan Baterai”.
  3. Lalu, fitur ini akan menampilkan informasi tentang kapasitas baterai iPhonemu, kinerja puncak, dan apakah baterai iPhonemu perlu segera diservis atau tidak.

Sedangkan, sampai saat ini pada sistem Android masih belum memberikan fitur serupa untuk pengecekan informasi baterai pada perangkatnya. Lagi-lagi Android masih membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus diunduh secara manual oleh pengguna untuk melihat informasi tentang baterai perangkatnya.

Bagaimana Perbandingan Fitur iPhone dan Android?

Itulah 5 fitur iPhone yang belum ada pada perangkat Android. Beberapa perbedaan dari sistem dan fitur yang tersedia pada iPhone dan Andorid memang membawa keunggulan masing-masing. Hal tersebut tidak dapat ditentukan mana yang terbaik antara sistem iOs atau Android. Ada beberapa hal lain yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih untuk menggunakan HP iPhone atau Android. Kamu bisa dapatkan berbagai penawaran menarik untuk pembelian iPhone maupun Android di Topsellbelanja.com.

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Promo Terkini!