Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Android 13 Tiramisu: Fitur Terbaru dan Perilisannya

Android 13 Tiramisu Fitur Terbaru dan Perilisannya

Daftar Isi

Berkat keluarnya Developer Previews pertama yang telah dilakukan oleh Google pada awal Februari 2022, telah muncuk berbagai rumor dan bocoran mengenai Android 13. Seperti kebanyakan Developer Previews awal, Android 13 berfokus memberikan beberapa gambaran tentang perilisan besar yang akan datang. Google berencana untuk merilis Preview terbaru atau versi beta sebulan sekali selama enam bulan ke depan, dengan perilisan final yang rencananya akan ada pada pertengahan tahun ini. Secara garis besar, Android 13 kemungkinan akan fokus pada perubahan kinerja latar belakang.

Nama Andorid 13 dan Perkiraan Perilisan

Nama Andorid 13 dan Perkiraan Perilisan

Android terbaru ini kabarnya akan memiliki kode atau mama “Tiramisu.” Untuk tanggal rilis Android 13, Google telah membagikan jadwalnya. Dilihat dari jadwal itu, setidaknya terdapat 2 Developer Preview, 4 Beta, dan perilisannya sekitar Agustus 2022. Namun, kemungkinan pula bisa terjadi banyak hal atau dapat berubah secara signifikan dari perencanaan dan perilisan, jadi hal tersebut memang belum pasti kejelasannya. Berikut perkiraannya:

Developer Preview 1: Februari
Developer Preview 2: Maret
Android 13 Beta 1: April
Beta 2: Mei
Android 13 Beta 3: Juni
Beta 4: Juli
Perlu disebutkan di sini bahwa Google telah memutuskan hanya memiliki 2x Developer Preview untuk Android 13. Hal ini lebih sedikit dari yang biasanya membawa 3x Developer Preview.

Perubahan Desain pada Android 13

Perubahan Desain pada Android 13

Android 12 sebelumnya berhasil menghadirkan salah satu perubahan UI sistem operasi yang paling signifikan selama bertahun-tahun dengan Material You. Pada tampilan baru memungkinkan adanya opsi penyesuaian yang lebih menarik, dari kontrol palet warna berbasis wallpaper hingga animasi yang lebih peka. Android 13 tampaknya tidak mengubah banyak hal secara radikal, tetapi Google masih akan menghadirkan fitur baru dan tweak desain.

1. Ikon bertema otomatis

Ikon bertema otomatis

Google membagikan tangkapan layar di atas saat meluncurkan Developer Preview 1 untuk Android 13. Tampaknya, Android versi 2022 akan mengizinkan kamu untuk dapat mengatur tema tersendiri untuk ikon-ikon yang ada seperti saat kamu mengatur tema sistem operasi lainnya saat menggunakan Android 12.

Sayangnya, ada dua hal penting yang harus kamu tahu di sini. Yang pertama adalah hal ini hanya akan tersedia di perangkat Pixel, setidaknya ada saat pertama kali perilisan. Yang kedua adalah sistem ini hanya akan berfungsi dengan aplikasi yang telah dimasukkan oleh Developer sebuah ikon monokrom untuk Material YOU untuk digunakan. Dengan kata lain, kita tidak bisa berekspetasi bahwa fitur ini dapat digunakan dengan sempurna dan lengkap saat Android 13 pertama kali rilis nantinya.

2. Lebih banyak opsi bertema Material You

Menurut rumor yang beredar, Android 13 dapat memperluas opsi tema warna yang tersedia dengan menawarkan empat palet baru yang berkaitan dengan nuansa tertentu atau warna pelengkap. Fitur-fitur ini ini adalah Tonal Spot, Vibrant, Expressive, dan Spritz. Sementara dua opsi pertama sangat mirip, dua yang terakhir sangat berbeda dari sistem tema Android 12 saat ini. ‘Expressive’ tampaknya bersandar pada warna yang tidak bersumber langsung dari wallpaper, sementara ‘Spritz’ memilih warna yang lebih abu-abu dan netral.

3. Pengaturan jam layar kunci alternatif

Android 13 juga nampaknya akan memberikan akses pada pengguna beralih di antara dua jenis jam saat layar terkunci. Per tangkapan layar yang diterbitkan oleh XDA dalam tampilan pertama yang ekstensif, pengguna akan dapat memilih tata letak baris tunggal atau tata letak baris ganda saat ini.

Baca juga artikel tentang “Pentingnya Jaringan 5G dan Manfaatnya untuk Masa Depan“.

Android 13: Peningkatan Fungsi

Android 13: Peningkatan Fungsi

Android 12 memperkenalkan beberapa utilitas baru, termasuk dukungan tangkapan layar dengan yang hanya ditahan dengan mode satu tangan, pengaturan rotasi layar secara otomatis yang lebih cerdas, dan fitur AppSearch. Lalu, apa saja ya peningkatan fungsi yang bisa dibawa oleh Android 13?

1. Dukungan pemindai QR yang lebih peka

Pemindaian kode QR sudah tidak asing lagi di Android. Ada tombol alternatif cepat di Developer Preview 1 yang menunjukkan pemindai QR yang lebih mudah diakses akan hadir. Namun, masih belum jelas bagaimana cara tombol ini bekerja nantinya. Google masih belum menjelaskan dengan detail mengenai hal tersebut, akan tetapi tampaknya sedang mereka sedang mencari cara untuk dapat membuat peningkatan yang menjadikan pengguna lebih mudah saat menggunakan fitur ini.

2. Dukungan asli Bluetooth LE Audio

Audio Bluetooth nampaknya akan ada peningkatan pada rilisnya Android 13. Menurut sepasang komitmen AOSP yang ditemukan oleh Mishaal Rahman, versi Android berikutnya bisa menjadi yang pertama dengan dukungan penuh dan terintegrasi untuk Bluetooth LE Audio dan Low Complexity Communications Codec ( LC3). Codec atau sebuah cara untuk mengkompres video, audio, maupun gambar dengan ukuran sesuai ketentuan selama ini menjadi masalah yang cukup besar. Kabarnya nanti akan membuat penggunaan daya yang lebih rendah dan meningkatkan kualitas audio pada seluruh perangkat yang mendukung.

3. Ketuk untuk mentransfer kontrol media

Sebuah peningkatan besar lain juga hadir pada Android 13, dengan fitur cerdas untuk dapat berbagi file atau media pada beberapa perangkat sekaligus. Menurut kabar yang beredar, terdapat sistem Tap-to-transfer (TTT) yang memungkinkan pengguna meneruskan kontrol media ke perangkat lain.

Masih belum diketahui dengan jelas bagaimana fitur ini bekerja, tetapi kemungkinan akan menggunakan teknologi bluetooth jarak dekat, seperti NFC atau UWB. Meski belum ada bukti kuat mengenai Google saat mengembangkan fitur ini, namun masih banyak yang meyakini bahwa fitur ini akan hadir untuk Andorid 13 mendatang.

4. Pengaturan bahasa per aplikasi ‘Panlingual’

Jika kamu biasa menggunakan multibahasa, hal ini bisa menjadi tambahan dan kabar terbaik untuk Android 13. Developer Preview 1 menyebutkan bahwa tersedia pilihan untuk beralih bahasa per aplikasi. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur bahasa tertentu pada saat menggunakan aplikasi tertentu, di luar dari pengaturan bahasa pada sistem.

Pembaruan Privasi dan Keamanan pada Android 13

Privasi dan Kamanan pada Android 13

Privasi dan keamanan selalu menjadi hal penting dan paling utama bagi Google. Sehingga, tiap merilis Android versi terbaru, perusahaan membuat sistem operasi lebih aman dan lebih pribadi. Dengan memberikan berbagai proteksi lebih banyak agar pengguna dapat mengontrol hal-hal penting dengan aman. Android 13 juga menghadirkan beberapa peningkatan privasi dan keamanan seperti berikut.

1. Pemilih foto pribadi

Pemilih foto pribadi

Ketika kamu ingin berbagi file atau foto pada aplikasi di Android, tampilan folder filenya memang terlihat aman. Namun, cara ini tetap tidak efektif karena kamu masih harus mengaksesnya satu per satu berdasarkan jenisnya masing-masing. Melalui versi Android terbaru, kamu akan bisa mengakses berbagai jenis file hanya dengan satu kali melihatnya saja. Pemilih foto Android 13 akan dimasukkan langsung ke dalam Android itu sendiri, yang akan membuat pemilihan foto penyimpanan lokal dan cloud bersifat universal di seluruh aplikasi. Google juga akan memberikan peningkatan ini pada Android 11 dan Android 12 hanya dengan mengupdatenya melalui Google Play Store.

2. Perangkat Wifi Terdekat

Jika suatu aplikasi perlu menemukan perangkat Wi-Fi terdekat di Android 12, biasanya aplikasi tersebut memerlukan izin lokasi. Sedangkan, pada Android 13, Google memberikan perizinan untuk Perangkat Wifi Terdekat, yang sudah tidak lagi memerlukan izin akses lokasi di perangkatmu.

Nantikan Fitur Terbarunya

Itulah beberapa rangkuman dari hasil perilisan Developer Preview 1 dan bocoran dari hadirnya Android 13. Meski belum melangkah pada final, beberapa fitur dan peningkatan awalnya sudah cukup membawa perubahan baik dari versi sebelumnya.

Bagikan artikel ini melalui media sosial Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin

Promo Terkini!